picture

picture

Kamis, 19 April 2012

CONTOH ETIKA, MORAL DAN NORMA


Contoh Etika, Moral Dan Norma
a. Etika
Didaerah jawa terutama jawa tengah , kita harus membungkukkan badan ketika sedang lewat atau berjalan kaki didepan orang lain, terutama yang lebih tua.etika ini berlaku dengan maksud sebagai symbol penghormatan
b. Moral
Moral adalah hal yang berhubungan dengan kepribadian manusia itu sendiri.         
Contohnya : Seorang anak yang menonton video porno. Ada 2 faktor yang mempengaruhi
baik contoh. linkungan internal maupun lingkungan eksternal. Akan tetapi yang sering terjadi lebih besar dipengaruhi oleh lingkungan eksternal.Seperti halnya dipengaruhi oleh pergaulan dengan sesama teman. Seharusnya orang tua dapat lebih berperan dalam mengarahkan proses pendidikan moral anaknya dan tidak bisa di serahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah (lingkungan eksternal).Jika orang tua ikut berperan,maka perkembangan anak dapat terkontrol dengan baik tanpa ada penyimpangan-penyimpangan moral dalam kepribadian anak tersebut.
c. Norma
Dalam ilmu bahasa, kata norma lebih luas dari paham nilai.  Norma sendiri berarti ukuran-ukuran, nilai-nilai (bukan nilai saja), hukum, tradisi yang berlaku pada masa tertentu, atau dalam komunitas masyarakat tertentu, tetapi juga bisa berlaku terhadap semua komunitas yang ada di dunia. Contoh :
Norma (nilai-nilai, aturan) pada masyarakat SASAK di Lombok, tentu hanya berlaku bagi masyarakat SASAK. Seperti kebiasaan disana, seorang lelaki yang akan menikahi gadis pujaannya, ia harus menculik gadis itu dan dibawa kerumahnya. Pihak keluarga wanita harus menerima hal itu dan menikahkan mereka. Norma ini tentu tidak akan berlaku bagi Suku jawa, bugis, bali, dst. Sebab kalau itu berlaku, maka pada suku lain akan terjadi pertumpahan darah.



by: Yuzi Ernawati (12092464)

3 komentar:

  1. Kalo ada video contoh-contoh norma. Gan.
    Terima kasih.
    www.mankdidin.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Kasih tahu dong...apa ukuran kita yang kita pakai untuk mengatakan bahwa orang itu beretika?

    BalasHapus